Cuma Butuh Smartphone yang Tepat, Saya Bisa Mengatasi Jenuh Bekerja dengan Mobile Game

Cuma Butuh Smartphone yang Tepat, Saya Bisa Mengatasi Jenuh Bekerja dengan Mobile Game

Jika kamu sudah lama mengenal saya, kamu pasti tahu betul bahwa I’m all about game. Yup, sejak kecil saya memang suka main game, mulai dari game di PS, lalu ganti ke PC, dan sekarang smartphone. Saat sudah mulai jenuh kerja seharian, atau sedang tidak ingin membaca ataupun menulis, maka saya lebih memilih untuk bermain game.

Untungnya, sekarang sudah banyak game bagus yang bisa diinstal di smartphone, jadi saya bisa bermain di manapun saya berada. Kamu cuma butuh smartphone yang tepat misalnya Asus Zenfone Max M2 ZB633KL. Smartphone ini punya spesifikasi yang keren sekaligus mumpuni buat main mobile game. Apalagi saya juga suka sekali mencoba-coba macam-macam aplikasi dan sering multitasking, jadi memang bakal butuh smartphone secanggih Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini.

Sekarang ini, ada 14 game yang nangkring di smartphone saya baik game ‘kecil’ maupun ‘besar’. Berikut ini beberapa di antaranya

PUBG

Game ini cukup populer, tapi saya baru memainkannya sekitar 2 minggu terakhir ini. Dari dulu, saya memang suka game tipe first person shooting (FPS) seperti ini. Tapi untuk tipe online multiplayer battle royale game, PUBG ini adalah game pertama yang saya coba. Kontrolnya tidak terlalu sulit, apalagi karena saya juga memang sudah terbiasa dengan game tipe FPS.

Karakter saya di game PUBG. Kamu main juga? Boleh lah kita berteman di sana 😀

Serunya lagi, dalam game ini kita bermain online dan musuh kita bukan AI, melainkan para pemain lainnya. Kita bisa bermain dalam tim maupun single player. Menurut saya, di sinilah serunya PUBG, yaitu melawan para pemain lainnya yang biasanya akan lebih cerdik dan gesit daripada melawan AI. Jadi permainan bakal lebih menantang.

Eternium

Eternium adalah tipe game Adventure RPG. Saya selalu teringat game Diablo II setiap kali bermain game ini, karena gameplay-nya memang mirip. Tapi serunya, Eternium bisa dimainkan di smartphone, dan itu yang saya butuhkan. Kontrol game ini juga sangat mudah, tinggal sentuh musuh untuk menyerang. Uniknya lagi, jika ingin mengeluarkan skill khusus untuk menyerang musuh, kamu perlu menggambar simbol di screen smartphone.

Untuk game hack-and-slash macam ini, karakter andalan saya selalu mage. 

Real Racing 3

Sesuai namanya, game yang satu ini memang tentang racing alias balapan. Game ini lebih ke balapan sirkuit, meski demikian ada banyak tantangan sirkuit yang tersedia dengan tingkat kesulitan yang bervariasi pula. Jika kamu suka game balapan sederhana, Real Racing 3 ini sudah cukup oke. Tapi jika kamu lebih suka tipe street racing, maka cobalah Asphalt 8: Airborne.

Balapan juga jadi salah satu game favorit saya

Asphalt 8: Airborne

Asphalt 8: Airborne memang sedikit berat, tapi kalau smartphone kamu oke punya seperti Asus Zenfone Max M2 ZB633KL, saya sarankan kamu segera mencobanya. Pilihan kota dan mobilnya oke punya dengan mode balap yang bervariasi pula. Grafiknya juga cukup realistis dengan animasi yang keren. Makanya, layar 19:9 resolusi HD+ punya Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini cocok untuk game ini. Layar yang lebar membuat main game ini terasa lebih lega. Ditambah lagi dengan musik yang seru dan lumayan memacu adrenalin, seru pokoknya! Sejauh ini, Asphalt 8: Airborne adalah mobile game tipe racing yang paling saya sukai.

Itu tadi cuma sebagian game ‘berat’ yang masih saya mainkan di smartphone. Selain 4 game di atas, sebenarnya masih ada game lain di baik besar maupun kecil di smartphone saya seperti Murder in AlpsPlague Inc., The Frostrune, Candy Crush, Subway Surf, Onet, Baikoh, Energy, Connection, dan 2048. Yup, I do love games.

Asus Zenfone Max M2 ZB633KL (Image Source: https://www.mobile.101updates.com)
Asus Zenfone Max M2 ZB633KL (Image Source: https://www.mobile.101updates.com)

Nah, agar tidak makin stres saat main game, saya butuh smartphone yang memang oke punya untuk gaming. Jadi, saat membeli smartphone, saya memang selalu memastikan bahwa smartphone tersebut punya kapasitas RAM dan memori internal yang besar. Karena itulah, ketika tahu bahwa Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya kapasitas memori internal 64GB dan 4GB RAM, saya langsung berbinar. Jika kamu tidak membutuhkan yang terlalu memori internal yang terlalu besar, smartphone ini juga hadir dengan tipe 32GB dan 3GB RAM, kok.

Biasanya sih, keluhan yang sering muncul saat main mobile game adalah kerja smartphone yang jadi lambat. Tapi, smartphone ini sudah dilengkapi dengan system operasi pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game. Jadi kamu nggak perlu takut game dan smartphone kamu sering nge-lag.

Punya fitur fingerprint (Image Source: https://techlector.com)
Punya fitur fingerprint (Image Source: https://techlector.com)

Apalagi prosesornya sudah memakai Qualcomm Snapdragon 632, prosesor terbaru yang terkenal kencang tapi hemat energi. Prosesor ini adalah versi upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625. Jadi bisa dibayangkan seberapa canggih smartphone ini kan? Meski demikian, dipakai lama pun tetap tidak akan panas. Nah, ini penting buat saya yang suka main game di smartphone.

Keluhan lainnya biasanya adalah baterai cepat habis. Tapi, kalau pakai Zenfone Max M2 sih keluhan ini nggak akan terjadi. Pasalnya, smartphone ini punya baterai besar yaitu 4.000mAh. Artinya, kalau saya sedang dalam perjalanan jauh pun bisa tetap santai. Nggak perlu bingung baterai habis tiba-tiba. Bahkan bisa menemani saya selama perjalanan sambil tetap main game atau coba-coba aplikasi-aplikasi keren di ponsel.

Spesifikasi Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL
Spesifikasi Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL

Saya memang agak ‘rewel’ kalau soal beli smartphone. Ya karena kebutuhan saya banyak dan tidak suka membawa terlalu banyak gadget. Jadi sebisa mungkin punya smartphone satu yang bisa semua. Yang bisa buat main game dan nggak cepat panas. Tidak rewel meski saya suka instal-hapus macam-macam aplikasi (mengingat saya suka mencoba dan menulis review aplikasi). Tidak berat meski harus multiltasking beberapa aplikasi sekaligus (mengingat kerjaan saya membutuhkan saya lompat-lompat berbagai aplikasi).  Jadi, begitu membaca-baca spesifikasi Asus Zenfone Max M2 ZB633KL ini dan dengan harga yang terbilang murah, saya memang langsung jatuh cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *