Elevate, Aplikasi yang Melatih Keterampilan Berbahasa dan Matematika

Elevate, Aplikasi yang Melatih Keterampilan Berbahasa dan Matematika

Sudah lama rasanya saya tidak mereview aplikasi. Padahal sejauh ini, sudah ada banyak aplikasi yang saya coba, mulai dari aplikasi game, produktifitas, atau yang berbasis pembelajaran. Untuk sementara daftar aplikasi tersebut masih tersimpan rapi di buku catatan saya. Tapi untuk saat ini, saya akan mereview salah satu aplikasi yang sungguh-sungguh membuat saya kagum, yaitu aplikasi Elevate.

Elevate adalah aplikasi Brain Training yang diproduksi oleh Elevate Labs. Menurut deskripsinya, aplikasi Elevate dirancang untuk meningkatkan perhatian, keterampilan bicara, kecepatan memproses informasi, melatih memori, keterampilan matematika, dan banyak lagi. Totalnya ada 38 permainan melatih keterampilan kognitif yang bisa kamu coba. Selain itu, juga ada sistem skor dan catatan serta skor grafik harian. Jadi, kamu bisa tahu seberapa jauh kemajuanmu.

Sistem skor aplikasi Elevate
Sistem skor aplikasi Elevate

Tingkat kesulitan menyesuaikan dengan kemampuan kamu. Jadi semakin tinggi skor kamu, maka tingkat kesulitannya akan lebih menantang lagi. Rasanya memang tidak ada soal yang terlalu mudah saat bermain (sekaligus berlatih) menggunakan aplikasi Elevate ini.

Dalam aplikasi ini terdapat 4 keterampilan utama yang akan dipelajari yaitu Writing, Speaking, Reading, dan Math. Dari masing-masing keterampilan ini, nanti akan dibagi lagi menjadi beberapa latihan yang memperkuat keterampilan tersebut. Untuk Writing sendiri misalnya, ada 11 permainan yang melatih ketelitian dalam menulis, penggunaan tanda baca yang tepat, kejelasan dalam penulisan, kefektifan penulisan, dan lain-lain. Selanjutnya ada 6 permainan untuk melatih Speaking, 9 permainan yang melatih Reading, dan 12 permainan melatih Math.

Keterampilan Writing dan Speaking
Keterampilan Writing dan Speaking

Perlu kamu ketahui, keterampilan kebahasaan yang dilatih di aplikasi ini adalah untuk bahasa Inggris. Jadi aplikasi game ini cocok untuk kamu yang memang ingin berlatih bahasa Inggris secara lebih mendalam. Misalnya, dalam salah satu permainan, kamu akan menemukan satu paragraf teks berbahasa Inggris dan diminta untuk mencari tahu inti tulisan tersebut. Sedangkan dalam permainan lainya, kamu akan diminta agar membuat teks yang ditampilkan menjadi lebih ringkas dan jelas. Nah, itulah mengapa aplikasi ini cocok untuk Anda yang sedang berusaha memahami penggunaan bahasa Inggris formal.

Sementara itu, keterampilan matematika yang diberikan dalam permainan ini bisa dilakukan oleh siapapun. Ya, karena kamu akan dihadapkan dengan angka-angka dan menuntutmu untuk berpikir cepat. Ada permainan yang melatihmu mengubah unit ukuran, menghitung rata-rata, menghitung persentase, proporsi, dan banyak lagi. Permainan keterampilan matematika ini cukup melatih saya yang payah soal bidang tersebut. Agak seru juga menghitung dengan sedikit deg-degan karena batasan waktu yang diberikan.

Keterampilan Reading dan Math
Keterampilan Reading dan Math

Dalam hal desain gambar, Elevate memberikan tampilan yang lebih colorful alias warna-warni. Aplikasi ini juga menggunakan objek-objek gambar yang menarik di setiap permainannya. Jadi terkesan agak ramai, tapi menurut saya tidak berlebihan serta tidak memecah konsentrasi. Sebaliknya, desainnya membuat aplikasi ini terasa lebih seperti game daripada aplikasi edukasi.

Banyaknya set latihan ini jelas akan membuat kamu puas, namun keseluruhan set tersebut tersebut hanya tersedia untuk pengguna pro saja alias berbayar. Sampai tanggal blog ini ditulis, harga berlangganan aplikasi ini sebagai pengguna premium atau pro adalah Rp 269.000,- per tahun (ini karena sedang promo Black Friday dan diskon 55%, harga normalnya mencapai Rp 589.000,- per tahun). Tapi jika kamu keberatan, kamu juga bisa menggunakan versi gratisnya, tapi beberapa permainan akan terkunci.

Tampilan aplikasi Elevate
Tampilan aplikasi Elevate

Jika kamu ragu apakah aplikasi ini worth the price atau tidak, jangan khawatir! Ada masa trial 14 hari yang bisa kamu coba sepuas-puasnya. Selama masa trial, semua permainan terbuka untuk kamu. Setelah 14 hari, baru beberapa permainan akan terkunci jika kamu memutuskan untuk tidak berlangganan.

Menurut saya, aplikasi ini cukup bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Kalau kamu bosan main game biasa saja dan ingin sesuatu yang lebih menstimulasi otak, saya rasa Elevate bisa menjadi pilihan yang baik.

Nah, apa kamu mau mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *