Menenggelamkan Diri dengan Topik Soal Personal Growth

Menenggelamkan Diri dengan Topik Soal Personal Growth

Saya selalu merasa bahwa setiap orang dapat menjadi versi diri mereka yang lebih baik. Tapi jelas hal tersebut tidaklah mudah. Hasrat untuk bermalas-malasan, bergosip, nyinyir, dan seterusnya adalah beberapa hal yang sering kali membatasi diri kita sendiri untuk berkembang. Sayangnya, ketika memutuskan untuk tidak mempedulikan omongan sekitar, tidak ikut nyinyir dan bergosip, tidak jarang kita malah dianggap tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Hmm… sungguh merepotkan.

Fokus pada hal yang penting dan pengembangan diri adalah dua hal yang selalu menarik perhatian saya. Karena itulah, saya selalu suka blog, podcast, video youtube, artikel, serta buku-buku yang berkaitan dengan personal growth. Ketertarikan tersebut rupanya berkembang menjadi tulisan-tulisan yang ada di blog ini. Karena tulisan tentang konten personal growth ternyata mendominasi, maka saya membuatkan kategori khusus yaitu Inspirasi.

Sebagian orang merasa bahwa konten bernada positif, ajakan untuk mengembangkan diri, mindfulness dan fokus, adalah suatu hal yang muluk-muluk, atau bahkan banyak gaya. Padahal, what is so wrong about people trying to figure their lives out? 

pexels-photo-29672
(c) Pexels.com

Manusia punya masalah mereka masing-masing, dan mereka juga punya caranya sendiri untuk menghadapinya. Dengan cara menjadi bitter dan pesimis, atau teguh dan optimis. Percayalah, meskipun tulisan di blog saya ini lebih banyak soal inspirasi, saya juga sering menjadi orang yang sangat bitter dan pesimis ketika sedang banyak masalah. Saya akan menjauh dari banyak orang, dan skeptis dengan segala hal yang baik-baik atau positif. Nah, topik personal growth membantu saya agar tidak kembali bersikap lebih baik dan positif. Karena pada akhirnya saya merasa lebih baik dengan kembali ceria, optimis, dan bersemangat. 😀

Menulis tema personal growth adalah pengingat bagi diri saya sendiri untuk kembali optimis dan fokus, serta sebagai upaya untuk mengembangkan diri dan mencari inspirasi. Harapannya, orang-orang yang mampir ke blog ini dan menyempatkan diri untuk membaca beberapa tulisan di dalamnya juga bisa mendapatkan inspirasi.

Hal lain yang perlu digarisbawahi adalah berkutat dengan topik personal growth atau pengembangan diri, serta melakukan gaya hidup tertentu untuk mengembangkan diri tidak serta merta membuat diri kita jauh lebih baik dari orang lain. Melainkan untuk belajar mengetahui apa yang lebih dan kurang dalam diri kita, kemudian berupaya mempertahankan yang baik dan memperbaiki yang buruk.

Karena pada dasarnya, jalan menuju pengembangan diri adalah mengenali apa kekurangan dan kelebihan kita, kemudian memutuskan apa yang akan kita lakukan setelah mengetahuinya. Apakah cukup tahu, atau memutuskan untuk melakukan sesuatu? Pilihannya ada di tangan kita sendiri.

 

 

 

 

2 thoughts on “Menenggelamkan Diri dengan Topik Soal Personal Growth

  1. hasrat bermalas-malasan, nyinyir, dll-dll itu emang tembok buat saya sendiri mbak, kadang bingung juga gimana ngatasinnya. apalagi kadang motivasi diri sendiri kurang. Saya merasa sudah cukup kenal diri sendiri tapi semakin saya merasa saya kenal kok berbeda jauh dari yang saya bayangkan, semoga aja dalam keseharian selalu memilih hal yang tepat aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *