Musik Cantik Caro Emerald untuk Kamu Penyuka Genre Swing

Musik Cantik Caro Emerald untuk Kamu Penyuka Genre Swing

If you know me, kamu pasti tahu bahwa saya tidak pernah punya genre musik spesifik. Selalu ada lagu atau musik favorit di beberapa genre yang sudah pernah saya coba dengarkan. Nah, salah satu genre yang bikin saya jatuh cinta setengah mati adalah jazz-pop-swing. Genre swing ini pertama kali populer di Amerika Serikat sekitar tahun 1930-40 an. Sempat mengalami kemundurang, tapi kemudian kembali dengan berbagai cross-genre.

Saya sedikit kesulitan menemukan penyanyi sekarang ini yang mengusung genre ini, entah karena memang peminatnya tidak banyak atau mungkin karena saya yang tidak tahu cara mencarinya (sepertinya sih alasan kedua lebih tepat). Tapi, ada satu penyanyi Jazz-Pop-Swing yang jadi favorit saya sejak saya pertama kali mendengarnya beberapa tahu lalu, namanya Caro Emerald.

Saya pertama kali dengar lagu Caro Emerald lewat sebuah iklan. Tapi saya sendiri sebenarnya juga sudah lupa iklan apa. Setelah sedikit googling, maka ketemulah judul lagunya, A Night Like This. Ada yang ingat ini dulu iklan apa? Lagunya seperti di video di bawah ini:

Setelah menemukan lagu tersebut, maka saya mulai mencari lagu-lagu lainnya. Ternyata musik yang dibawakannya memang sangat kental nuansa swingin’ pop dan jazz. Sejak kenal dengan lagu-lagunya itulah saya mulai jatuh cinta pada musik Caro Emerald. Sayangnya sampai saat ini saya belum bertemu orang-orang di sekitar lingkungan saya yang kenal dan juga suka dengan musiknya.

Lagu-lagu Caro Emerald memang lebih populer di negara asalnya (Belanda) dan negara-negara Eropa lain seperti UK, Italia, Austria, dan sekitarnya. Bahkan di negara-negara Eropa tersebut, Caro Emerald berhasil mengantongi berbagai penghargaan seperti Edison Award untuk kategori Best Female Artist, penghargaan Goldene Kamera untuk kategori Best Music International, dan Echo Award untuk kategori Best Newcomer International, serta masih banyak lagi. Beberapa lagu dan albumnya juga sempat merajai Tangga Lagu Inggris.

Selain musik swing yang dibawakannya, Caro Emerald juga punya gaya bernyanyi yang asik untuk dinikmati. Classy dan charming, mirip dengan model penyanyi swing tahun 30-40an. Artikulasinya sangat jelas, so I can hear every single word she said! Buat saya artikulasi juga penting, karena saya sering merasa kesal ketika mendengarkan lagu tapi kata-kata yang diucapkannya tidak jelas. Bukan cuma karena membuat saya tidak paham apa yang dinyanyikan, tapi juga saya jadi susah kalau ingin ikut nyanyi. 😀

Lagu-lagunya berhasil membuat saya ingin merasakan secara langsung era swing di Amerika. Apalagi yang judulnya Tangled Up ini, dia bercerita tentang kekesalannya dengan pasangannya. Gaya bercerita di musiknya membuat saya ketagihan. Seperti yang saya bilang tadi, bahkan gaya berceritanya juga classy.

Tidak semua lagu Caro Emerald kental dengan nuansa swing meski sebagian besar memang demikian. Salah satunya adalah lagu berjudul I Belong to You yang menurut saya bakal sangat cocok dijadikan soundtrack film James Bond. Coba saja intip videonya di bawah ini:

Ya, suaranya memang seindah dan sekuat itu. Jadi sayang sekali jika penyanyi sekeren ini ternyata belum sepopuler Adele misalnya. Padahal kualitas performance-nya baik dalam segi suara, gaya bernyanyi, serta musiknya sudah sangat kuat dan amazing.

4 thoughts on “Musik Cantik Caro Emerald untuk Kamu Penyuka Genre Swing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *