Beirut, Band Amerika yang Mempersembahkan Musik Manis Bernuansa Balkan

Beirut, Band Amerika yang Mempersembahkan Musik Manis Bernuansa Balkan

Tahukah kamu bahwa Beirut adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Lebanon? Nah, mendengar ada sebuah band dengan nama sama, yaitu Beirut dan mengusung musik bernuansa Balkan membuat saya mengira bahwa grup band ini memang berasal dari kota tersebut. Tapi ternyata saya salah, band ini justru sebenarnya berasal dari Amerika dan sudah aktif sejak tahun 2006. Saya sendiri baru mengenal dan mendengar tentang Beirut sekitar pertengahan tahun 2018 secara tidak sengaja.

Awalnya saya diperkenalkan dengan Kings of Convenience, dan dari situ saya pasrah dengan autoplay rekomendasi YouTube. Biasanya, YouTube lalu akan memutar secara otomatis beberapa lagu dengan genre atau tahun yang sama dengan beberapa lagu yang sudah diputar sebelumnya. Nah, ini salah satu cara yang saya lakukan kalau sedang ingin mencari lagu-lagu atau musik baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Setelah beberapa lama, giliran Beirut yang diputar oleh autoplay dan lagu pertama yang saya dengar dari mereka saat itu berjudul Postcards from Italy. Jika kamu belum pernah, mendengarnya, bisa coba play video berikut.

Sejak pertama dengar lagu tersebut, saya langsung jatuh cinta! Saya suka dengan kombinasi alat musik yang ramai tapi tetap terkesan lembut di lagu tersebut. Rasanya seperti mendengar marching band tapi tanpa kesan riuh. Yah, kamu akan mengerti maksud saya jika sudah mendengar lagunya. 😀 Selain musiknya ya menyenangkan untuk didengar, lirik Postcards from Italy tersebut juga ternyata sangat manis! Selain lirik dan musiknya, video klip lagu tersebut juga unik dengan gaya retro-nya. Jelas saya langsung tertarik karena saya suka dengan gaya filming seperti ini.

Pendiri band ini, yaitu Zach Condon menyematkan nama Beirut pada bandnya karena sejarah konflik yang terjadi di kota tersebut sekaligus karena kota ini merupakan tempat banyak budaya bersinggunggan. Meski sepertinya memiliki ketertarikan tersendiri dengan kota tersebut, Band Beirut sendiri malah baru manggung di Lebanon untuk pertama kalinya pada tahun 2014 di Byblos International Festival.

Musik lain dari Beirut yang selalu jadi favorit saya lainya adalah Sunday Smile dan Elephant Gun. Meski banyak lagunya yang unik, asik, dan menarik buat saya, tidak semua yang terasa cocok di telinga saya yang agak ‘kenyih’ ini. Beberapa lagunya yang lain mulai agak terkesan ‘pop’ sehingga saya tidak lagi merasakan uniknya. Ya mungkin karena telinga saya terlanjur mengasosiasikan genre musik Beirut sebagai musik Balkan folk dan Baroque. Tapi, band ini punya banyak lagu-lagu yang masih terasa kesan Balkan folk-nya, kok. Ya beberapa contohnya adalah tiga judul yang saya sebutkan tadi.

Tahun ini, mereka rilis album baru lagi yang rencananya bakal mulai beredar pada Februari 2019 nanti. Tapi, kalau mau, kamu juga sudah bisa preorder di website resmi mereka. Di sana juga sudah ada dua lagu baru yang bakal masuk dalam album barunya nanti. Harapan saya, semoga nanti di albumnya ada lebih banyak lagu yang nuansanya mirip dengan lagu Beirut favorit saya, hehehe…

Karena ini sebenarnya termasuk band lama, saya yakin sudah ada banyak yang dengar lagu-lagu Beirut, hanya saya saja yang ketinggalan. 😀 Kalau kamu pernah mendengarkannya, apa kamu juga suka dengan musik mereka? Lagu mana sih yang jadi favorit kamu?

4 thoughts on “Beirut, Band Amerika yang Mempersembahkan Musik Manis Bernuansa Balkan

  1. jujurnya aku belum bisa sreg maa lagu2 Beirut mba :D. kupingku lbh biasa dengan lagu2 rock kayak Motley crue, nirvana, yang begitu gitu. Tapi bukan berarti anti ma lagu2 yg genrenya beda. tetep kok aku ada masukin bbrp lagu yg beda banget ama favoritku di playlist spotify. krn kdg2 moodku suka berubah juga. kalo lg mellow, lgs switch deh lagu2 ke arah yg lembut2 😀

    1. Hai,
      Wah, suka musik cadas yah. Asik memang.
      Hmm.. musik emang suka mempengaruhi mood sih. Ak kalau lagi semangat juga pasti cari yang nge-beat. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *