Dari Paranoid ke Sadar Kesehatan Berkat Kerjaan

Dari Paranoid ke Sadar Kesehatan Berkat Kerjaan

Beberapa bulan terakhir ini aku banyak membaca artikel dan jurnal kesehatan karena pekerjaan. Berbagai macam penyakit dari A sampai Z mulai dari ciri-ciri, gejala, penyembuhannya, semua akhirnya kebaca. Jelas ini menguntungkan, karena selain fee (hehehe), aku juga jadi dapet banyak pengetahuan tentang kesehatan.

Dari segala macam jurnal dan artikel tersebut, akhirnya jadi ngerti gejala-gejala apa saja yang mungkin muncul buat penyakit tertentu. Lumayan, bisa jadi waspada kalau ternyata aku atau orang di sekitarku punya tanda-tanda penyakit tertentu, bisa jadi waspada. Mau nggak mau, akhirnya jadi lumayan perhatian sama segala gejala-gejala atau tanda-tanda yang ada. Sejak ngerjain jurnal dan artikel-artikel tersebut, entah gimana kepala otomatis mulai main “cocoklogi” dengan gejala-gejala yang aku alami sendiri.

Nah, dari cocoklogi inilah mulai tumbuh ke-paranoid-an. Muncul gejala sedikit aja, langsung aku kait-kaitkan sama penyakit tertentu. Bahkan dulu sampai lemes gara-gara merasa punya penyakit tertentu. Tapi ternyata gejalanya juga ilang-ilang sendiri dan aku sehat-sehat aja. 😀 Kalau seperti ini, sudah bukan waspada lagi sih namanya, tapi jadi paranoid!

Dari keseringan paranoid, akhirnya mulai sadar kalau hidup sehat itu emang penting. Bukan apa-apa sih, ngeri aja waktu baca semua gejala-gejala penyakit itu. Ya memang, sakit kan nggak akan bisa diduga dan bisa datang kapan aja. Daripada nungguin penyakitnya datang dulu, ngerasain sakit dulu, lalu baru ngontrol diri, kan ya mending jaga kesehatan mulai sekarang?

Dulu seneng banget makan sambel dan yang pedes-pedes, lalu ingat gak enaknya pas tipes sama setelah baca-baca penyakit yang berhubungan sama usus, langsung deh ngurangin maem pedes. Dulu yang males banget mau gerak, sejak baca-baca tentang penyakit kardiovaskular, langsung deh rutin olahraga. Apalagi di keluargaku juga ada riwayat beberapa penyakit, jadi daripada aku diem dan pasrah, seenggaknya kan udah mulai berusaha tetap sehat buat mengurangi risiko terkena penyakit. Karena sakit kan nggak enak dan nggak akan pernah enak!

2 thoughts on “Dari Paranoid ke Sadar Kesehatan Berkat Kerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *