Bosan dengan Pekerjaan? Kita Semua Pernah Mengalaminya

Bosan dengan Pekerjaan? Kita Semua Pernah Mengalaminya

Saat pertama masuk kerja, apalagi di bidang yang selama ini diinginkan, pasti lah rasanya menyenangkan sekali. Semangat sedang tinggi-tingginya, mengerjakan segala macam proyek setiap saat, rajin berangkat kerja, selalu membicarakan pekerjaan di mana saja, kita semua pernah mengalami hal itu. Saat-saat seperti ini bisa membuat kita merasa begitu bangga dan bersemangat. Tapi kadang perasaan seperti ini bisa hilang begitu saja. Tiba-tiba kita merasa bosan setengah mati dengan rutinitas pekerjaan yang dulu begitu kita cintai.

Rasa bosan dan tidak termotivasi itu jelas perasaan yang paling buruk di dunia kerja. Tapi tenang, ternyata banyak juga orang yang merasakan hal seperti ini. Bahkan pekerjaan yang menurut kita terbaik pun juga pasti ada masa-masanya sendiri yang membuat seseorang merasa bosan. Jangan dikira ada pekerjaan yang sempurna di dunia ini. There’re always ups and downs in everything.

Jangan Terburu-buru Kabur dan Cari Pekerjaan Baru

Merasa bosan dan tidak termotivasi jangan dijadikan alasan untuk buru-buru kabur dari pekerjaan dan mencari pekerjaan lain. Setidaknya, cari tahu terlebih dulu apa yang membuat kita bosan dengan pekerjaan tersebut dan cari solusinya.

Jangan sampai saat akhirnya sudah mengundurkan diri, ternyata malah merindukan pekerjaan lama atau menyesal karena pekerjaan lama ternyata jauh lebih baik. Cari tahu apa yang membuat kita bosan. Jika masalahnya hanya ada pada rutinitas atau pola kerja yang monoton, jelas ini masih bisa diatasi.

Buat Batasan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Terkadang kita bosan karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari kerja. Apalagi jika sampai harus lembur dan membawa pekerjaan pulang ke rumah. Sebesar apapun cinta dan dedikasi kita dengan pekerjaan, usahakan untuk tetap memiliki batas antara kehidupan pribadi dan karir. Hal inilah yang nantinya akan membantu kita agar lebih bebas dari stress dan bosan.

Pernah suatu ketika saya begitu cinta dengan pekerjaan sampai segala proyek dan saya lakukan. Saya tidak liburan, bersosialisasi, dan hanya fokus bekerja. Yep, saya pernah begitu ambisius sampai melupakan hal lain selain pekerjaan. Hasilnya, saya kehilangan teman, selalu stress, bahkan hingga dianggap caper dengan atasan. T_T Berangkat ke kantor jadi terasa berat dan waktu bekerja juga semakin membosankan.

Cari Tantangan dalam Pekerjaan

Kalau kita mengerjakan tugas yang itu-itu saja, jelas rasa bosan bisa muncul setiap saat. Coba cari tantangan baru dalam pekerjaan. Jika atasan menawarkan tugas baru, jangan ragu untuk mengambilnya. Karena ini bisa jadi sedikit perubahan baru untuk rutinitas kita. Selain itu, siapa tahu ini bisa menjadi pijakan buat kita untuk mendapatkan promosi atau melangkah ke jenjang karir yang selanjutnya.

Memang bukan hal yang mudah untuk mau menerima tantangan seperti ini. Pasti akan ada rasa ragu atau takut gagal. Tapi setidaknya dengan mencoba, kita jadi tahu kemampuan kita dan ada kesempatan untuk semakin meningkatkan kemampuan tersebut.

Apakah Kita Membuat Perbedaan?

Salah satu alasan beberapa orang tidak puas dengan pekerjaannya adalah mengetahui apakah mereka membuat perbedaan atau tidak. Baik untuk masyarakat atau perusahaan tempatnya bekerja. Terkadang kita merasa melakukan pekerjaan yang percuma dan sia-sia, dan hal inilah yang bisa membuat kita kehilangan motivasi dan merasa bosan.

Ketika kita mulai merasa lagi-lagi melakukan pekerjaan yang sia-sia, coba pikirkan kembali perbedaan apa yang sudah kita perbuat. Tidak perlu sesuatu yang besar, (meski kalau ada sih itu lebih baik), mungkin berhasil melakukan pekerjaan customer service dengan baik, membuat pelanggan puas dan senang, menjaga nama baik perusahaan, dan banyak lagi. Berhentilah sejenak untuk mencari manfaat dan perbedaan apa yang sudah kita lakukan saat mengerjakan pekerjaan kita. Dari situ, motivasi mungkin akhirnya bisa muncul kembali.

Jangan Lupa Liburan!

Nah, liburan juga tidak kalah penting. Manfaatkan hari libur untuk memanjakan diri tanpa memikirkan pekerjaan. Tidak harus liburan panjang ke luar kota, kok. Melakukan hobi yang paling kita sukai juga sudah bisa menjadi liburan tersendiri untuk menyegarkan pikiran. Membaca, nonton film, jalan-jalan di kota, apapun yang bisa membantumu kembali rileks, lakukan saja.

Apakah kamu juga pernah mengalami kebosanan dalam pekerjaan? Apa sih yang kamu lakukan buat mengatasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *