Duolingo, Aplikasi Gemesin Buat Belajar Bahasa

Duolingo, Aplikasi Gemesin Buat Belajar Bahasa

Sebenarnya udah lama banget gemes pengen bikin nulis soal aplikasi keren ini. Namanya Duolingo. Buat mereka yang hobi banget belajar bahasa, aplikasi ini termasuk a must have di smartphone kamu. Pasalnya, aplikasi ini bisa membantu belajar bahasa dengan cara yang menyenangkan banget. Tanpa bosan!

Banyak bahasa yang bisa dipilih

Meski namanya duolingo, bukan berarti aplikasi ini cuma menawarkan 2 bahasa aja buat dipelajari. Ada cukup banyak bahasa yang bisa dipilih. Pilihan bahasanya dikategorikan sesuai dengan penutur bahasa pengguna. Sayangnya buat penutur bahasa Indonesia, yang ditawarkan hanya belajar bahasa Inggris.

Duolingo punya banyak pilihan bahasa
Duolingo punya banyak pilihan bahasa

Tapi kalau kamu bisa menggunakan bahasa Inggris, ada banyak bahasa lagi yang bisa kamu eksplor, misalnya Spanyol, Italia, Rusia, Perancis, Portugis, Belanda, Jerman, dan banyak lagi. Sayangnya saya masih nggak nemu bahasa Jepang atau Korea buat penutur bahasa Indonesia ataupun Inggris. *Padahal sudah gemes banget pengen lanjutin belajar bahasa Jepang.

Belajar bahasa rasa main game

Belajar bahasa pakai aplikasi ini berasa kayak main game. Kita nggak bakal dibombardir dengan deretan kata-kata beserta artinya dan harus ngapalin, lalu diberi kuis nanti. No no no.. metodenya lebih seru. Kita bakal langsung diberi pertanyaan tentang arti suatu kata, lalu ada pilihan jawaban yang berupa gambar. Jadi, bisa lebih ngena di kepala. Kuis dengan jawaban bergambar ini adalah basic dari tema tertentu. Ketika level makin meningkat, tentu gambar sudah nggak ada lagi, yang ada cuma pilihan jawaban tertulis.

Ini bagian quiz-nya
Ini bagian quiz-nya

Nggak cuma milih arti kata, kita juga akan belajar membuat frasa dan kalimat, serta menyusun kata. Secara otomatis, kita juga bakal terbiasa dengan tata bahasa dari bahasa yang sedang dipelajari. Setiap kata, frasa atau kalimat yang disebutkan, akan ada suara yang menunjukkan cara membacanya. Jadi, telinga kita juga lama-lama terbiasa dengan bahasa tersebut. Serunya lagi, nanti juga akan ada pertanyaan listening, jadi kita mendengar kalimat apa yang diucapkan, lalu tugas kita menulis kalimat yang diucapkan tadi. Bahkan, ada speaking nya juga, lho. Jadi nanti kita akan diberikan kalimat dan diminta untuk membacanya. Sementara duolingo nanti akan memeriksa apakah cara baca kita sudah benar. Mantap toh?

Kamu nggak hanya bisa milih satu bahasa. Kalau kamu mau, kamu bisa kok langsung belajar beberapa bahasa sekaligus. Kalau sudah agak bosan main satu bahasa, tinggal pilih ke pelajaran bahasa lain. Tapi yang perlu diingat, kalau satu bahasa lama nggak “dimainkan”, strength level dia bakal berkurang. Ya sama kayak belajar bahasa, kalau nggak pernah dipake kan bisa lupa. Jadi biar strength levelnya penuh lagi, kamu bakal perlu mengulangi beberapa materi yang sebelumnya yang diberikan.

Bisa milih banyak bahasa dan lihat progress-nya juga
Bisa milih banyak bahasa dan lihat progress-nya juga

Karena tekniknya seperti main game, ada peningkatan level, dan beberapa tema hanya bisa di “unlock” setelah naik level, main duolingo ini memang berasa seru banget. Nggak berasa kalo lagi belajar, seperti maen game biasa aja. Yah setidaknya bagi saya yang memang obsesi sama belajar bahasa. 😀

Aplikasi ini gratis, ads nya juga bukan yang suka tiba-tiba muncul di pop ups dan menuh2in layar, atau di lokasi yang susah banget ditutupnya. Jadi nggak mengganggu sama sekali. Jadi, buat sekedar main game dan nambah pengetahuan soal bahasa, aplikasi ini layak buat dicoba.

2 thoughts on “Duolingo, Aplikasi Gemesin Buat Belajar Bahasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *